Senin, 24 April 2017

Tips Lulus SBMPTN tanpa Bimbel



SBMPTN merupakan jalur kedua setelah SNMPTN bagi kalian yang mau masuk PTN. Kebanyakan orang setelah selesai UN akan langsung mulai bimbel untuk persiapan SBMPTN, alasannya jaga-jaga kalau seandainya ga lulus SNMPTN. Tentunya dengan mengikuti bimbel kita bisa belajar lebih intens untuk persiapan SBMPTN. Tetapi ga sedikit juga yang lebih memilih menikmati liburan dulu sambil menunggu, alasannya nanti kalau seandainya lulus SNMPTN ga ngerasa “rugi” udah ngehabisin waktu liburan di tempat bimbel. Kalau aku pribadi, milih yang kedua. Gatau dapat bisikan dari mana bawaannya ga pengen aja bimbel. Soalnya yang aku liat temen-temen yang bimbel buat UN maupun bimbel yang rutin itu ga ada perbedaan yang bermakna dibanding yang ga bimbel. Jadi aku kayak udah punya mindset kalau bimbel ga bakal terlalu berpengaruh. Padahal kan ya sebenernya pasti beda, cuma rasa malasku sepertinya lebih kuat. Untuk sekedar jaga-jaga, biar ga terlalu nyantai aku milih beli buku persiapan SBMPTN yang akhirnya baru aku buka setelah pengumuman SNMPTN. Kenapa? Karena aku ga lulus SNMPTN. Aku kecewa, karena udah berharap banget bisa lulus. Tetapi kalo diinget-inget lagi mungkin usaha aku masih kurang, mungkin bukan ini yang terbaik, pasti ada yang lebih baik dan aku harus usaha lagi.
Perjuangan SBMPTN aku dimulai dengan buku yang aku beli itu. Belajarnyapun malas-malasan karena udah lama diliburin otaknya. Malas-malasan tapi tetap belajar yaaa. Temen-temen yang sebelumnya ga bimbel juga sekarang banyak yang daftar bimbel. Aku? Masih dengan mindset yang sama, gamau bimbel, buang-buang duit menurutku. Aku tau TPA ga diajarin di sekolah, dan untungnya temanku yang bimbel mau ngajarin dan berbagi sedikit tipsnya. Alhasil dengan perjuangan apa adanya setelah ga lulus SNMPTN, Alhamdulillah aku lulus SBMPTN di FK UNSRI. Jadi ini ni perjuangan apa adanya:

 A. Sebelum ujian

  1. Bahas soal sebanyak mungkin. Bahas soal seleksi PTN apapun yang bisa kalian temukan, berpaculah dengan waktu. Dengan terbiasa membahas soal kamu udah ga perlu berkoar-koar lagi ngapal rumus dan kecepatan kamu menjawab soal juga terlatih. Dan juga kalau kamu baru mulai belajar setelah pengumuman SNMPTN yang artinya SBMPTN udah makin dekat, semangati dirimu untuk belajar lebih giat.
  2. Dekati teman yang bimbel. Setidaknya kalian bisa dapet bocoran cara jawab soal TPA atau rumus-rumus ringkas dari tempat bimbel mereka, walau cuma bisa dipakai di soal tertentu tapi mungkin akan membantu. Tapi menurutku lebih ribet menentukan rumusnya bisa dipakai atau enggak daripada kamu cari langsung pake rumus biasa.
  3. Doa. Ini yang paling penting, karena usaha tanpa doa itu namanya sombong.
B.      Saat ujian

  1. Dahulukan jawab soal yang tanpa rumus. Aku kan dulu IPA, jadi aku jawab biologi dulu, trus kimia, fisika baru matematika. Untuk tahap awal aku cuma ngerjain yang rumusnya simple dulu aja, baru lanjuut ke yang lebih susah.
  2. Skip soal yang susah. Kalau seandainya menurutmu soalnya terlalu susah, mungkin kalo dikerjain bakal makan waktu banyak skip dulu aja. Jangan lupa kasih tanda yaa di soalnya, dilingkari atau disilang gitu biar ga lupa kalau itu soal yang udah kamu eliminasi. Kalo semuanya susah? Coba cari dulu yang agak gampang, soalnya pernah dengar ada nilai mati tiap bidang yang diujikan. Tapi gatau pasti. Buat jaga-jaga jangan ga diisi sama sekali aja tiap bidangnya.
  3. Jangan terlalu lama mengerjakan 1 soal. Kalau kamu udah terlanjur mengerjakan soal yang kemungkinan ngerjainnya lamaaa banget, mending stop trus lanjut soal lain. Jangan sampai karena terpaku sama 1 soal itu soal lain yang harusnya bisa kamu jawab malah ga kejawab karena waktu udah habis.
  4. Tenang. Jangan panik, tetap tenang selama ujian.
  5. Doa. Setelah usaha kamu selesai, minta doa untuk hasil yang terbaik sama Tuhan.


Kesimpulannya, lulus SBMPTN tanpa bimbel itu sangat mungkin kalau kamu belajar sungguh-sungguh dan jangan malu bertanya. Kalau ga ngerti searching di google atau tanya ke temen-temen yang mungkin lebih ngerti. Selain itu yang pentiing banget, pastikan jurusan yang kalian pilih sesuai sama keinginan dan kemampuan kalian. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar